Makalah Fungsi Operasional Manajemen Keuangan dan Manajemen Informasi






FUNGSI OPERASIONAL MANAJEMEN
Manajemen Keuangan dan Manajemen Informasi

Oleh
Nama :  Tomi Aji Pamungkas
NPM :    117020254
1H Manajemen

UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI
2017/2018



DAFTAR ISI
COVER.................................................................................................................. i
DAFTAR ISI......................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR............................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang.................................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah............................................................................................ 1
1.3 Tujuan Penulisan.............................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN........................................................................................ 2
2.1 Fungsi Manajemen Keuangan.................................................................... 2
2.2 Fungsi Manajemen Informasi..................................................................... 5
BAB III KESIMPULAN........................................................................................ 6
3.1 Kesimpulan......................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................. 7



Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah Pengantar Manajemen yang berjudul “Fungsi Operasional Manajemen Keuangan dan Manajemen Informasi” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterimakasih pada ibu Ana Suzana, SE, MM selaku Dosen mata kuliah Pengantar Manajemen di UNSWAGATI yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
      
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan Saya mengenai Fungsi Manajemen Keuangan dan Manajemen Informasi. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
       Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya
makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahn kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.







Cirebon, Oktober 2017



Tomi Aji Pamungkas


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Operasional manajemen adalah salah satu materi kuliah yang diberikan pada mata kuliah Pengantar Manajemen. Materi ini akan dijelaskan oleh penulis, materi ini memiliki banyak bagian, yang akan saya bahas terutama pada fungsinya yaitu fungsi manajemen keuangan dan fungsi manajemen informasi. Operasional manajemen tidak akan sempurna jika didalamnya tidak ada manajemen keuangan dan manajemen informasi, karena hal tersebut saya ingin mengetahui lebih dalam tentang fungsi manajemen keuangan dan manajemen informasi.

1.2 Rumusan Masalah
           Dari latar belakang tersebut diatas maka pemakalah dapat menentukan rumusan masalah dalam pembuatan makalah ini yaitu sebagai berikut:
1. Apa itu Manajemen Keuangan dan manajemen Informasi ?
2.
Apa saja fungsi Manajemen Keuangan ?
3. Apa saja
fungsi Manajemen Informasi ?

1.3 Tujuan Penulisan
       Tujuan pemkalah dalam membuat makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Memahami
pengertian Manajemen Keuangan dan Manajemen Informasi
2. Memahami
fungsi Manajemen Keuangan.
3. Mem
ahami fungsi Manajemen Informasi.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Manajeman Keuangan
Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah suatu proses dalam aktivitas keuangan perusahaan, dimulai dari cara memperoleh dana dan mempergunakannya. Yang mana penggunaannya harus tepat sasaran, efisien, dan efektif agar tujuan keuangan perusahaan dapat tercapai sesuai rencana. 

Manajemen keuangan merupakan salah satu ilmu utama dari manajemen. Manajemen keuangan pada awalnya hanya pada aktivitas entitas bisnis (organisasi) dalam kerangka penggunaan serta pengalokasian dana entitas bisnis (perusahaan) dengan efisien. Kemudian dari hal ini, terus berkembang sampai dari yang sebelumnya hanya mengutamakan kegiatan mendapatkan/memperoleh dana saja hingga mencakup kegiatan mendapatkan, penggunaan dana hingga sampai ke pengelolaan atas aset (atktiva). 
Fungsi Manajemen Keuangan
Berikut beberapa fungsi manajemen keuangan yaitu sebagai berikut :
1.          Perencanaan Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaran sertamengenai kegiatan-kegiatan yang lainnya dalam periode tertentu.
2.          Penganggaran Keuangan, membuat detail pengeluaran dan pemasukan
3.          Pengelolaan Keuangan, penggunaan dana perusahaan secara maksimal dengan berbagai cara
4.          Pencaharian Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang digunakan untuk operasional kegiatan perusahaan.
5.          Penyimpanan Keuangan, yakni dengan mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
6.          Pengendalian Keuangan, yakni dengan melakukan evaluasi dan perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan yang berlaku di perusahaan.
7.          Pemeriksaan Keuangan, dengan melakukan audit internal mengenai keuangan perusahaan yang ada untuk tidak adanya penyimpangan.
8.          Pelaporan Keuangan, adalah dengan menyediakan informasi tentang kondsi keuangan perusahaan dan tentunya sebagai bahan evaluasi.


Tujuan Manajemen Keuangan
Tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan akan nilai perusahaan. Sehingga jika suatu saat perusahaan tersebut dijual, maka harganya dapat ditetapkan dengan harga yang setinggi mungkin. Seorang manajer harus menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan.
Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan
  1. Consistency (Konsistensi), merupakan prinsip yang mana sistem dan kebijakan keuangan perusahaan sesuai dengan apa yang direncanakan, tidak berubah dari setiap periode, tetapi yang perlu ditekankan bahwa sistem keuangan bukan berarti tidak dapat dilakukan penyesuaian ketika terdapat perubahan signifikan dalam perusahaan. Pendekatan keuangan yang tidak konsisten menjadi tanda bahwa ada manipulasi pada pengelolaan keuangan perusahaan.
  2. Accountability (Akuntabilitas), adalah suatu kewajiban hukum dan juga moral, yang mana melekat untuk setiap individu, kelompok ataupun perusahaan dalam memberi penjelasan bagaimana dana ataupun kewenangan yang telah diberikan oleh pihak ke-3 dipergunakan. Setiap pihak harus memberi penjelasan mengenai penggunaan sumber daya dan apa yang telah dicapai suatu bentuk pertanggung jawaban kepada yang berkepentingan, agar semua tahu bagaimana kewenangan dan dana yang dimiliki itu dipergunakan.  da
  3. Transparancy (Transparansi), adalah prinsip yang mana setiap kegiatan manajemen harus terbuka baik dalam memberikan informasi tentang rencana dan segala aktivitas bagi yang berkepentingan, termasuk laporan keuangan yang wajar, lengkap, tepat waktu dan akurat yang dapat diakses dengan mudah oleh yang berkepentingan, jika tidak transparan maka akan berdampak suatu penyelewengan kegiatan.
  4. Viability (Kelangsungan Hidup) adalah prinsip yang mana menekankan pada kesehatan keuangan perusahaan terjaga, semua pengeluaran operasional ataupun ditingkat yang strategi harus disesuaikan denga dana yang ada, kelangsungan hidup entitas merupakan ukuran suatu tingkat keamanan serta keberlanjutan keuangan perusahaan.Manajemen keuangan harus menyusun rencana keuangan dimana menunjukkan bagaimana suatu perusahaan bisa menjalankan rencana strategisnya guna memenuhi kebutuhan keuangan.
  5. Integrity (Integritas) adalah setiap individu wajib mempunyai tingkat integritas yang mempuni dalam menjalankan kegiatan operasional. Tidak hanya itu, pencacatan dan laporan keuangan harus terjaga integritasnya dengan kelengkapan dan tingkat keakuratan suatu pencatatan keuangan.
  6. Stewardship (Pengelolaan) adalah prinsip dimana dapat mengelola dengan baik dana yang telah didapatkan dan memberikan jaminan akan dana yang diperoleh tersebut untuk direalisasikan tujuan yang telah ditetapkan, dalam prateknya dilakukan dengan hati-hati dengan membuat perencanaan strategis, mengidentifikasi risiko keuangan yang ada serta menyusun dan membuat sistem pengendalian keuangan yang sesuai.
  7. Accounting Standards (Standar Akuntansi) adalah sistem akuntansi keuangan harus sesuai dengan prinsip-prinsip dan standar aturan akuntansi yang telah berlaku dengan tujuan laporan keuangan yang dihasilkan dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti dari semua pihak yang berkepentingan

2.2 Manajemen Informasi
Pengertian Manajemen Informasi
Manajemen informasi adalah pengelolaan data dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.
Penyebab dibutuhkannya manajemen informasi :
1.      Kegiatan bisnis yang semakin rumit/kompleks Hal ini disebabkan karena pengaruh ekonomi internasional, perkembangan teknologi dunia yang pesat, makin sempitnya kerangka waktu yang tersedia bagi para manajer untuk mengambil keputusan.
2.      Komputer yang telah mencapai kemampuan yang semakin baik Karena tugas manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitas dalam pemecahan masalah adalah dengan menggunakan teknik kuantitatif dan peralatan elektronik.
Fungsi Manajemen Informasi
Manajemen Informasi, seperti fungsi manajemen lain, harus berorientasi hasil dan berfikir pelayanan. Ini berarti tujuan harus ditetapkan sebagai standar untuk mengukur kinerja program. Sebagai hasil dari tujuan pelayanan umum ini, muncul tujuan program yang lebih spesifik yaitu :
  1. Menyediakan informasi akurat dan tepat waktu.
  2. Mengembangkan dan mempertahankan satu sistem yang efisien untuk membuat, menyimpan, memanfaatkan, memelihara dan menempatkan informasi firma.
  3. Melindungi kepentingan informasi firma, dan mendisain dan mengontrol standar yang efektif dan metode evaluasi periodik berkaitan dengan manajemen data, peralatan dan prosedur.
  4. Membantu mendidik pegawai perusahaan dengan metode yang paling efektif untuk mengontrol dan mengolah data perusahaan.



BAB III
KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan
        Manajemen keuangan adalah suatu proses dalam aktivitas keuangan perusahaan, dimulai dari cara memperoleh dana dan mempergunakannya. Manajemen keuangan memiliki beberapa fungsi adalah mengatur masuknya keuangan dari proses penjualan produk yang dihasilkan dan mengatur keluarnya biaya produksi agar mencapai target yang dituju dengan biaya yang sekecil-kecilnya dan mendapat laba yang besar.
        Manajemen informasi memiliki tugas sebagai pengelolaan data dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.



Daftar Pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kost Mr. Untung Karang jalak III